-->
-->

Atlet Catur Putri Banten Kalahkan Fide Master Pada Pornas Korpri XVI

Banten Kalahkan Fide Master
Plh Sekda Provinsi Banten Virgojanti menyaksikan pertandingan catur pada Pornas Korpri XVI yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (16/7/2023). (Foto: Istimewa)

SEMARANG,SOROSOWAN.CO.ID – Atlet catur perorangan putri bernama Diyah Rahmawati berhasil mengalahkan Fide Master Kadek Iin Dwijayanti dari Kementerian PUPR RI pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri XVI yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (16/7/2023).

Diyah berhasil mengalahkan Kadek pada babak keempat dari tujuh babak yang dipertandingkan. Diketahui, Diyah sendiri merupakan atlet catur putri andalan dari Provinsi Banten.

Ditemui usai pertandingan, Diyah mengatakan, jika pada pertandingan melawan Kadek ini cukup menguras emosi dari tiga pertandingan sebelumnya. Terlebih, kata dia, bidakan anak catur Diyah berada pada posisi hitam atau bertahan.

“Serangannya dari awal sudah terasa, apalagi lawan merupakan pemain catur profesional yang memiliki elo rating cukup tinggi. Jadi saya sangat berhati-hati menjalankan anak catur. Karena sedikit saja pertahanan saya lemah, pasti akan dihajar habis,” katanya, Minggu (16/7/2023).

Namun, Diyah mengaku, tetap bisa menjaga benteng pertahanan. Sehingga, pada saat ada salah langkah dari lawan, langsung dilakukan penyerangan.
WhatsApp Image 2023 07 16 at 21.44.01

“Saya menyerang dan pihak lawan bertahan, karena banyak perwira dan prajuritnya yang saya habisi, termasuk menterinya,” ujarnya.

Untuk diketahui, Gelar Fide Master merupakan salah satu gelar resmi yang dapat diterima pemain catur dari Federasi Catur Internasional (FIDE). Gelar tersebut tertinggi ketiga yang dapat dicapai seorang pemain, setelah gelar grandmaster dan master internasional.

Selain Kadek, pada pertandingan sebelumnya, Diyah juga berhasil mengalahkan Master Nasional Wanita (WNM) dari Jawa Barat Ai Jakiah, sedangkan dengan WNM Kemenpora, Stefani, Diyah mempertahankannya sampai draw.

“Saya sudah dapat poin 3 setengah. Sisa pertandingan tinggal tiga babak lagi. Insyaallah untuk lawan yang akan dihadapi lebih mudah, karena dengan Kadek ini lawan yang dianggap paling berat. Sehingga peluang kita untuk juara masih terbuka,” tuturnya.

Penulis: RD Dikdik MEditor: Abdul Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sorosowan.co.id