-->
-->

Hadir pada Penyuluhan dan Kampanye Lingkungan, Irna Sebut Sampah Bisa Jadi Daya Ungkit Ekonomi

Irna Narulita
Bupati Pandeglang Irna Narulita memberikan sambutan di acara Penyuluhan dan Kampanye Lingkungan Hidup, yang digelar di Rizki Hotel, Senin (31/7/2023). (Foto: Istimewa)

PANDEGLANG,SOROSOWAN.CO.ID – Bupati Pandeglang Irna Narulita menghadiri Penyuluhan dan Kampanye Lingkungan Hidup yang dilaksanakan di Rizki Hotel Pandeglang, Senin (31/7/2023). Irna menyebutkan, jika dibalik permasalahan, sampah bisa menjadi daya ungkit ekonomi masyarakat.

“Di negara maju sampah itu bisa mempunyai nilai, sampah rumah tangga dipilah dan bisa diolah menjadi barang berharga,” kata Irna.

Irna menyarankan, agar setiap sampah dipilah antara sampah organik dan bukan organik. Tindakan itu, kata dia, harus dilakukan oleh warga di rumah tangga.

MENARIK UNTUK DIBACA:  GEMA MA Banten Pastikan Netral di Pemilu 2024

“Sisa makanan sayur dan organik lainnya bisa menjadi ecoengine, praktikan hari ini, caranya supaya peserta bisa tahu dan mempraktikan,” katanya.

Irna memastikan, dengan adanya pengolahan sampah, sampah akan menjadi manfaat, sehingga tidak sia-sia. Caranya, di antaranya dengan memanfaatkan bank sampah dan Tempat Pengolahan Sampah Akhir (TPSA).

“Bangun kolaborasi agar sampah pilahan menjadi uang, makanya sampah limbah rumah tangga jangan dibuang ke sungai,” ungkapnya.

Irna mengatakan, para kader harus menjadi contoh masyarakat lainnya, sehingga hasil yang didapat pada bisa diterapkan di daerah tempat tinggal masing-masing.

“Sampaikan kalau sampah itu bisa didaur ulang, baik yang organik maupun bukan organik, sehingga tidak menimbulkan masalah, tetapi justru menguntungkan,” ungkapnya.

MENARIK UNTUK DIBACA:  Kepala Kanwil BPN Banten Sowan ke Pj Gubernur, Bicarakan Soal Program PTSL

Irna menyebutkan, jika sampah masyarakat organik maupun non organik akan diolah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) yang bisa digunakan untuk bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Penulis: Abdul AzisEditor: Abdul Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sorosowan.co.id