-->
-->

El Nino Mengancam, Pemprov Banten Komitmen Jaga Harga dan Ketersediaan Pangan

IMG 20230814 WA0028
Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti memimpin rakor Pengendalian Inflasi Daerah, di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Senin (14/8/2023). (Foto: Istimewa)

SERANG,SOROSOWAN.CO.ID – Pemprov Banten berkomitmen menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan. Kesiapan itu sengaja dilakukan, guna merespons ancaman bencana El Nino yang kemungkinan dapat mendorong kenaikan inflasi.

Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti mengatakan, sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo, menjelang fenomena kekeringan, komoditas pangan perlu diperhatikan dengan baik. Terlebih lagi, pada komoditas inti salah satunya beras.

MENARIK UNTUK DIBACA:  Vaksinasi Anak Usia 6 - 11 Tahun Terus Digalakan, Kapolres Lebak Tinjau Pelaksanaan

“Inflasi Banten di Agustus 2023 cukup terkendali dengan 2,93 persen, di bawah rata-rata Nasional. Namun ada beberapa komoditas harga pangan yang perlu diperhatikan menjelang fenomena El Nino ini,” kata Virgojanti rapat koordinasi (rakor) Pengendalian Inflasi Daerah, di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Senin (14/8/2023).

Katanya, Pemprov Banten akan terus melakukan upaya untuk mengoptimalkan cadangan pangan pada komoditas inti tersebut, sehingga harga di pasar bisa terkendali.

“Dalam menghadapi hal itu, telah disampaikan ada beberapa indeks perkembangan harga dan stok pangan yang mudah-mudahan ada hasil dari berbagai upaya yang kita lakukan,” kata Virgojanti.

Di berjanji, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, selain untuk mengetahui status komoditas inti, juga sebagai antisipasi ketersediaan pangan dalam menghadapi fenomena El Nino.

Penulis: RD Dikdik MEditor: Abdul Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sorosowan.co.id