Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Pemkab Pandeglang Optimalkan Program Posyandu

IMG 20230824 WA0015
Bupati Pandeglang Irna Narulita menghadiri jambore kader Posyandu di Kecamatan Banjar, Selasa (23/8/2023). (Foto: Istimewa).

PANDEGLANG,SOROSOWAN.CO.ID – Dalam rangka menekan angka kematian ibu dan anak, Pemkab Pandeglang instansi kesehatan terus mengoptimal pelaksanaan program Posyandu di setiap Desa dan Kelurahan. Salah satunya dengan digelarnya kegiatan jambore kader Posyandu yang ada di Kecamatan Banjar, Selasa (23/8/2023).

Bupati pandeglang Irna Narulita hadir pada acara tersebut. Dia meyakinkan, Pemkab Pandeglang terus berupaya menekan angka kematian ibu dan anak.

“Keberadaan para kader diharapkan dapat memberikan dampak positif, khususnya dalam menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB),” kata Irna.

Bupati mengatakan, jika kader Posyandu dapat bertindak sebagai agen perubahan yang bertugas menumbuhkan kesadaran ibu hamil terkait pentingnya perilaku sehat selama masa kehamilan.

“Peranan kader Posyandu dalam menekan AKI dan AKB bisa bertindak sebagai komunikator kesehatan, melakukan pendekatan persuasif, melakukan visitasi, serta menjadi penghubung dan mengadakan pengawasan sekaligus melakukan evaluasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Banjar Ivan Soviana mengakui, jika peran kader Posyandu sangat penting. Kata dia, tanpa bantuan dan dukungan dari kader Posyandu, tenaga kesehatan akan sedikit kesulitan dalam menggali informasi dari masyarakat terkait masalah kesehatan.

“Saya kira tanpa bantuan kader Posyandu kita akan kesulitan, karena mereka tahu sasaran, dan bisa mengedukasi serta mengajak masyarakat untuk memeriksakan kehamilan dan bersalin di fasilitas kesehatan yang tersedia,” katanya.

Ivan meyakini, dengan hadirnya para kader Posyandu, program untuk menekan AKI dan AKB yang dilakukan Puskesmas Banjar dapat berjalan dengan baik.

Penulis: Abdul AzisEditor: Abdul Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sorosowan.co.id