Sulit Buang Air Besar, Warga Ujung Jaya Dambakan Proyek Pembangunan MCK

IMG 20230826 WA0010
Tokoh Muda Pandeglang Selatan Encep Saefullah Waas (kiri) sedang menggali informasi terkait dengan kebutuhan masyarakat Pandeglang Selatan, Sabtu (26/8/2023). (Foto: Abdul Azis/sorosowan.co.id)

PANDEGLANG,SOROSOWAN.CO.ID – Warga dua kampung di Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang mengaku masih kesulitan untuk buang air besar (BAB), karena belum tersedianya sarana air bersih. Mereka mendambakan, di wilayahnya dibangun Sarana Mandi Cuci Kakus (MCK).

Adapun dua kampung yang saat ini sangat membutuhkan fasilitas MCK itu adalah, Kampung Cikaung, dan Kampung Cikaung Sabrang.

MENARIK UNTUK DIBACA:  45 Pejabat Pandeglang Dilantik, Sekda Mengaku Rotasi Mutasi Kebutuhan Organisasi

Agus, warga Kampung Cikaung, Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur mengaku, jika dirinya akan membuang hajat terpaksa harus pergi ke aliran sungai Cikaung yang lokasinya jauh dari pemukiman.

“Kami butuh pembangunan MCK pak, karena fasilitas air bersih di sini sangat minim. Apalagi di musim kemarau seperti ini, sumur-sumur pada kering dan untuk ke sungai jaraknya sangat jauh. Makanya, jangan heran jika di sini masih menemukan warga yang dolbon alias modol dikebon,” katanya kepada sorosowan.co.id, Sabtu (26/8/2023).

Agus mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir hampir seluruh warga di dua kampung itu membuah hajat di kebun. Perilaku itu, kata dia, karena terpaksa karena sulitnya mendapatkan air bersih.

“Tidak ada pak yang bisa melarang itu, karena kondisi. Apalagi di sini jarang warga yang memiliki MCK, akibat sulitnya mendapatkan air bersih,” ujarnya.

Penulis: Abdul AzisEditor: Abdul Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sorosowan.co.id