-->
-->

Apel Siaga Bencana Digelar, Virgojanti: Ini Bentuk Tanggung Jawab dan Kepedulian Seluruh Unsur

IMG 20231123 WA0015
Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti memastikan kesiapsiagaan peralatan penanggulanan bencana pada Apel Siaga Bencana, yang digelar di Lapangan Upacara Setda Provinsi Banten, Kamis (23/11/2023). (Foto: Istimewa)

SERANG,SOROSOWAN.CO.ID – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Virgojanti menghadiri Apel Siaga Bencana yang digelar, di Lapangan Upacara Setda Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (23/11/2023).

Dalam amanatnya, Virgojanti mengatakan bahwa apel siaga bencana bertujuan membangun komitmen bersama agar aktif mendorong terbentuknya gerakan bersama para pihak dalam kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian seluruh unsur terkait pada upaya penanggulangan bencana,” katanya.

Menurut Virgojanti, penanganan bencana merupakan sebuah upaya kesiapsiagaan bencana yang dilakukan secara bersama antara aparatur pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

“Kita diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana untuk mengurangi tingkat risiko suatu bencana,” ujarnya.

Virgojanti meminta, dengan semakin meningkatnya intensitas bencana dan keragamannya, upaya penanggulangan bencana di Provinsi Banten juga perlu ditangani secara komprehensif, multisektor, terpadu, dan terkoordinasi.

Dia menambahkan bahwa, dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana perlu dipahami bahwa filosofi penanggulangan bencana adalah menjauhkan masyarakat dari bencana, menjauhkan bencana dari masyarakat, dan hidup berdampingan dengan bencana.

Penulis: RD Dikdik MEditor: Abdul Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sorosowan.co.id