-->
-->

Pj Sekda Virgojanti Sebut APIP Berperan Dalam Percepatan Pembangunan Daerah

WhatsApp Image 2023 11 24 at 20.23.39
Pj Sekda Pemprov Banten Virgojanti usai membuka Rakor Pembinaan dan Pengawasan di lingkungan Pemprov Banten, di Grand Tjokro Premier, Bandung, Kamis (23/11/2023) malam. (Foto: Istimewa)

BANDUNG,SOROSOWAN.CO.ID – Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti mengatakan sinergi dan kolaborasi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sangat penting.

APIP, kata Virgojanti, harus berperan dalam menyelesaikan percepatan pembangunan daerah.

“Ini penting sekali untuk kita lakukan melalui kolaborasi, tentunya kita tidak dapat menyelesaikan permasalahan pembangunan dengan sendiri. Karena dalam pembangunan itu diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, dan juga pengawasan,” kata Sekda usai membuka Rakor Pembinaan dan Pengawasan di lingkungan Pemprov Banten, di Grand Tjokro Premier, Bandung, Kamis (23/11/2023) malam.

Virgojanti mengatakan, jika hasil pengawasan yang dilakukan APIP dapat menjadi dasar bagi pemerintah dalam mengeluarkan sebuah kebijakan.

Di antaranya menetapkan langkah-langkah mitigasi yang harus dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan.

“Diharapkan dengan kegiatan ini mudah-mudahan APIP di Provinsi Banten akan lebih baik lagi dan memiliki kualitas yang baik dalam rangka pelaksanaan pengawasan seluruh perjalanan pembangunan,” katanya.

Virgojanti menyampaikan bahwa, pengawasan penyelenggaraan Pemda merupakan sebuah usaha, tindakan dan kegiatan yang ditujukan untuk menjamin penyelenggaraan Pemda berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Tata kelola pemerintahan melalui reformasi birokrasi yang berkualita, tentu pada akhirnya untuk mempercepat tercapainya pembangunan nasional dan daerah,” ujarnya.

Sementara, Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Irjen Kemendagri) Ucok Abdul Rauf Damenta menjelaskan, Inspektorat merupakan garda terdepan dalam melakukan pendampingan pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

Penulis: RD Dikdik MEditor: Abdul Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sorosowan.co.id