Suasana kunker pegawai Disdukcapil Kabupaten Bandung ke kantor Disdukcapil Kabupaten Serang
Suasana kunker pegawai Disdukcapil Kabupaten Bandung, Provinsi Jabar ke kantor Disdukcapil Kabupaten Serang, Senin (10/6/2024). (Foto: Istimewa)

SERANG,SOROSOWAN.CO.ID – Aplikasi Serang Tatu atau Kabupaten Serang Terlayani Satu Pintu milik Pemkab Serang, kini mulai untuk dijadikan percontohan.

Terbukti, jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan kunjungan kerja (kunker) terkait aplikasi itu ke Disdukcapil Kabupaten Serang, Senin (10/6/2024).

Tujuan kegiatan itu tentu saja untuk belajar peningkatan dalam pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) melalui Aplikasi Serang Tatu tersebut.

Kedatangan rombongan diterima Sekretaris Disdukcapil Tubagus Mahtufi bersama Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP dan Pejabat Fungsional Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Endang Rachmawati.

Sedangkan dari Disdukcapil Kabupaten Bandung hadir Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Yudi Heryana, selaku ketua rombongan beserta para jajarannya.

Kabid PIAK Disdukcapil Kabupaten Bandung Yudi Heryana mengatakan, jika tujuan kunker dirinya untuk mengetahui sejauh mana kinerja Aplikasi Serang Tatu yang dimiliki Pemkab Serang.

“Aplikasi yang melayani pelayanan satu pintu ini sangat bagus. Meskipun progresnya baru dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) pelayanan adminduk melalui aplikasi Serang Tatu tersebut,” katanya.

Yudi mengatakan, tuntutan warga ingin ditambahnya pelayanan UPT melalui aplikasi Serang Tatu menandakan respon bagus dari masyarakat Kabupaten Serang terkait aplikasi tersebut.

“Tentunya ini menjadi inspirasi kami untuk dilakukan di Kabupaten Bandung,” katanya usai diskusi yang digelar di Aula Disdukcapil Kabupaten Serang.

Yudi mengaku, ada kesamaan terkait pelayanan adminduk Disdukcapil Kabupaten Serang dengan aminduk yang dikelola Disdukcapil Kabupaten Bandung, yakni mengembangkan Aplikasi Super Apps Bedas Smart Services (BSS).

“Hasil diskusi ini mudah-mudahan menjadi bahan untuk menyempurnakan layanan yang sudah ada. Yang pasti harapan kami sama masyarakat Kabupaten Bandung dan Kabupaten Serang itu semua dapat terlayani adminduk secara maksimal,” katanya.

Sementara Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Serang Tubagus Maftuhi mengatakan, tujuan kunker Disdukcapil Kabupaten Bandung ke Kabupaten Serang karena ketertarikannya terhadap pelayanan aminduk melalui Aplikasi Serang Tatu.

Oleh karena, kata dia, dalam aplikasi tersebut bukan hanya melayani adminduk, tetapi juga melayani layanan lain yang terintegrasi dengan semua OPD Pemkab Serang.

“Mereka (Disdukcapil Kabupaten Bandung-red) tertarik dengan pelayanan satu pintu melalui aplikasi Serang Tatu, karena dalam aplikasi ini terdapat beberapa layanan lain seperti kedaruratan, kesehatan, dan ketenagakerjaan,” katanya.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini